Mengenal Apa Itu PJK3?

1
Jun 2022
CategoryTips
Author : admin
View :29x

Perusahaan yang tidak menerapkan prinsip K3 akan cenderung merugi. Banyak perusahaan menggunakan layanan PJK3 untuk mewujudkan K3 yang optimal secara internal.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan isu penting yang penerapannya terus menerus dimonitor pemerintah. Perusahaan yang gagal menerapkan K3 dengan benar berisiko untuk kehilangan izin operasinya. Untuk memastikan bahwa K3 diterapkan dengan benar di perusahaan, layanan dari PJK3 sering sekali digunakan.

Tentang Perusahaan Jasa K3

Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 4 Tahun 1995 menjelaskan definisi dari perusahaan pemberi jasa K3. Perusahaan yang masuk dalam kategori PJK3 merupakan badan yang membantu berbagai perusahaan untuk memenuhi persyaratan K3 yang dijelaskan di dalam undang-undang.

Agar bisa menyediakan jasa semacam ini, sebuah badan usaha penyedia jasa K3 harus mendapatkan otorisasi dari pemerintah. Hal ini dilakukan untuk memantau kualitas layanan yang diberikan oleh badan usaha tersebut. Karyawannya pun sudah dilatih untuk memberikan pendampingan K3 yang tepat.

Implikasinya adalah sebuah perusahaan tidak bisa asal memilih penyedia jasa K3. Manajemen perusahaan harus menunjuk badan yang terdaftar oleh pemerintah. Menggunakan layanan dari badan jasa yang tidak terdaftar memunculkan kemungkinan kualitas pemeriksaan dan pengujian yang tidak sesuai dengan standar.

Cakupan layanan penyedia jasa K3 cukup luas. Pasal 3 Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 4 Tahun 1995 menyebutkan beberapa cakupan jasa yang disediakan badan usaha sejenis ini:

1. Jasa Konsultan K3

Perusahaan terkadang membutuhkan jasa third party yang kompeten untuk membantunya mengidentifikasi permasalahan-permasalahan K3 yang sebenarnya terjadi. Isu K3 terkadang tidak terlihat secara gamblang di mata perusahaan karena aktor-aktor di dalamnya bisa jadi menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang wajar.

Setelah proses identifikasi permasalahan dilakukan, pihak konsultan dapat melakukan memberikan saran mengenai langkah-langkah yang dapat diambil perusahaan untuk menyelesaikan masalah K3. Biasanya konsultan akan membantu perusahaan agar lebih berdikari dalam menyelesaikan permasalahan serupa di masa depan.

2. Jasa Pelatihan dan Pembinaan K3

Sebuah penyedia jasa K3 bisa memberikan pelatihan dan pembinaan keselamatan dan kesehatan kerja yang tepercaya. Jasa seperti ini terutama dimanfaatkan oleh perusahaan yang ingin memiliki seorang ahli K3 internal. Banyak manfaat yang bisa diraih perusahaan jika membekali karyawan pilihan dengan kompetensi K3.

PJK3 seperti Mutu Institute membantu calon ahli dari masa pelatihan hingga proses sertifikasi ahli K3. Kurikulum yang diberikan untuk membekali calon ahli dengan ilmu K3 merupakan kurikulum yang didesain dan disetujui oleh pemerintah. Ada pelatihan K3 yang bersifat umum dan ada yang sifatnya spesifik tergantung jenis industrinya.

3. Jasa Audit K3

Ada juga jasa K3 untuk kegiatan audit. Perusahaan biasanya memerlukan auditor ketika tiba masanya pengurusan perizinan usaha. Jasa audit menganalisis operasionalisasi perusahaan berdasarkan dengan prinsip-prinsip K3. Kegiatan audit bisa berfokus pada satu komponen K3 saja maupun bermacam-macam lainnya.

Karena audit merupakan sebuah hal yang harus dilaksanakan secara rutin, banyak perusahaan yang melatih pegawainya untuk memiliki keterampilan audit K3. Dengan begitu, perusahaan dapat melakukan proses audit dengan lebih efisien baik dari segi waktu maupun biaya.

4. Jasa Pemeriksaan dan Pengujian Teknik

Menurut peraturan perundang-undangan, jasa ini mencakup pemeriksaan dan pengujian terhadap mesin-mesin, peralatan kerja, material, lingkungan kerja, jenis pekerjaan, pendekatan kerja, dan proses produksi.  Tujuan dari dilakukannya analisis semacam ini adalah memastikan bahwa operasionalisasi perusahaan berjalan secara optimal dan aman.

Jasa ini sangat spesifik tergantung dengan bidang usaha dari perusahaan. Sebagai contoh, terdapat kegiatan Riksa Uji khusus industri kimia. Industri kimia memiliki karakteristik tertentu yang kemungkinan tidak akan ditemukan di bidang industri lainnya.

5. Jasa Pemeriksaan/Uji Pelayanan Kesehatan Kerja

Perusahaan juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa pegawainya berada dalam kondisi sehat saat bekerja. Setiap industri memiliki risiko kesehatan kerjanya sendiri. Sebagian industri memiliki risiko tinggi, sedangkan industri lainnya minimal. Tugas perusahaan adalah membuat dampak negatif tersebut seminim mungkin.

Sebuah PJK3 dapat menawarkan jasa pemeriksaan kesehatan kerja. Hal pertama yang dilakukan adalah pemeriksaan kondisi kesehatan pegawai secara umum. Kemudian, penyedia jasa akan mengidentifikasi faktor-faktor risiko yang berpengaruh terhadap kesehatan pegawai perusahaan tersebut.

6. Jasa Pabrikasi, Pemeliharaan, Reparasi, dan Instalasi Teknik K3

Setiap perusahaan akan melakukan maintenance dan instalasi alat baruuntuk memastikan bahwa proses operasionalisasinya akan selalu berjalan dengan lancar. Terdapat juga penyedia jasa yang fokus pada cakupan pemeliharaan ini. Pihak pemberi jasa K3 akan menganalisa bagaimana kepatuhan perusahaan dalam hal ini.

No Comments

Leave Comment